Berita

Kurangnya Kesadaran Terhadap Prioritas Keselamatan Kerja

Kurangnya Kesadaran Terhadap Prioritas Keselamatan Kerja

Blog Single

Pekerja membersihkan dinding gedung bertingkat di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Sabtu (3/8/2019). Menteri Ketenagakerjaan mewajibkan pemerintah daerah dan industri (perusahaan) agar perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) harus diutamakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Banyak kejadian kecelakaan kerja di ketinggian disebabkan karena minimnya pengetahuan dasar mengenai keselamatan kerja di ketinggian, serta mahalnya peralatan pengaman pribadi (personal protection equipment, PPE) yang ada di pasaran.

Sehingga pentingnya pengetahuan penerapan K3 untuk mengurangi terjadinya kecelakaan akibat kerja serta menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain yang berada di tempat kerja mendapat perlindungan sehingga akan berdampak pada peningkatan produktivitas tenaga kerja dan perusahaan.

Berdasarkan data Organisasi Buruh Internasional (ILO) 2018, setiap tahun sekitar 380.000 pekerja atau 13,7 persen dari 2,78 juta pekerja yang tewas akibat kecelakaan kerja, salah satu penyebabnya yaitu karena masih rendahnya kesadaran pengusaha dan karyawan akan pentingnya penerapan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Related Posts: