Kode etik dibuat untuk disepakati, ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh anggota ARAI

Pasal 1

Setiap Anggota (ARAI) Wajib menjunjung tinggi, menghayati dan mengamalkan sumpah dan janji Anggota (ARAI).

Pasal 2

Setiap Anggota (ARAI) dalam melaksanakan tugas profesinya, harus berpedoman menurut Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan ketentuan-ketentuan lain yang berlaku dengan sebaik-baiknya, Loyal dan bertanggung jawab terhadap hasil pelaksanaan tugasnya.

Pasal 3

Setiap Anggota (ARAI) dalam melaksanakan profesinya, tidak terpengaruh terhadap, janji-janji ataupun hasil yang akan dan telah diberikan oleh pihak-pihak yang hendak melemahkan keutuhan kesatuan/solidaritas organisasi (ARAI) atau, bahkan mengarah kepada ketidak kondusifnya situasi organisasi untuk mengambil keuntungan demi kepentingan pribadi.

Pasal 4

Setiap Anggota (ARAI) yang mengetahui dan mendapati keadaan seperti pada pasal 3 diatas, Wajib melaporkan/menyampaikan kejadiannya ke organisasi (ARAI) dimana saja berada ke lingkungan Cabang organisasi terdekat, dengan tembusan ke Induk Organisasi untuk diambil tindakan yang sesuai.

Pasal 5

Setiap Anggota (ARAI) harus senantiasa berhati-hati dalam menyebarluaskan dan menerapkan setiap penemuan teknik dan teknologi baru dibidang K3 yang belum diuji kebenarannya.

Pasal 6

Setiap Anggota (ARAI) hanya diperbolehkan memberi keterangan atau saran yang dapat dilaksanakan dan dapat dibuktikan kebenarannya.

Pasal 7

Setiap Anggota (ARAI) harus mengutamakan kepentingan keselamatan dan kesehatan tenaga kerja dan orang lain ditempat kegiatan kerja dimana yang bersangkutan berada dan bekerja.

Pasal 8

Setiap Anggota (ARAI) wajib menjaga kerahasiaan jabatan dan rahasia data organisasi yang menyangkut, pengembangan usaha, detail bakuan kompetensi, modul dan lain sebagainya yang menjadi milik Anggota (ARAI), kecuali yang telah di publikasikan dan/atau menjadi milik publik.

Pasal 9

Setiap Anggota (ARAI) wajib memegang, dan menjaga kerahasiaan jabatan dan kerahasian hasil pemeriksaan/investigasi dalam menjalankan tugasnya, terkecuali atas permintaan dan ijin perusahaan yang menjadi obyek pemeriksaannya.

Pasal 10

Setiap Anggota (ARAI) berkewajiban memberikan pelayanan terbaik kepada pihak lain yang dianggap perlu dalam hal pemeriksaan dan pengujian teknik demi kepentingan K3 secara nasional.

Pasal 11

Setiap Anggota (ARAI) wajib saling menghormati dan menghargai sesama Anggota (ARAI) dan anggota profesi K3 lainnya.

Pasal 12

Setiap Anggota (ARAI) harus selalu mengikuti perkembangan hukum ketenagakerjaan, ilmu pengetahuan meliputi sosiologi dan teknologi K3 yang terkait dengannya.

Pasal 13

Setiap Anggota (ARAI) harus mampu bersikap Mandiri (professional) dan bebas tidak tergantung (independent) pada setiap keadaan dalam menjalankan tugasnya.

Pasal 14

Setiap Anggota (ARAI) Wajib mematuhi setiap elemen/pasal KODE ETIK PROFESI INI.